SMP Negeri 1 Palembang Gelar Pemilihan Perangkat OSIS Layaknya Pemilu


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Implementasi Program Merdeka Belajar, sudah diterapkan oleh Pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) , Maupun Tingkat Perguruan Tinggi. 


Salah Satu penerapan, yakni dilakukan oleh SMP Negeri 1 Palembang, dengan menggelar program Projek Penguatan Profil  Pelajar Pancasila atau P5 bertema Suara Demokrasi. Kegiatan ini diwujudkan dalam pemilihan umum (pemilu) untuk menentukan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan sistem pemilihan layaknya pemilu.


Pemilihan ketua dan wakil OSIS yang terlaksana di SMP Negeri 1 Palembang ini dikemas sebagai model pembelajaran sekaligus pengetahuan dan wawasan bagi siswa.


Dengan adanya pemilihan OSIS secara langsung, maka peserta didik bisa belajar mengerjakan Project, diskusi, menganailis, menanamkan apa arti Demokrasi di Indonesia. 


Kepala SMP Negeri 1 Palembang Drs Maju Partogi Simanjuntak M.Si menyampaikan kegiatan yang terlaksana ini merupakan  bagian implementasi penerapan Kurikulum Merdeka yang saat ini diterapkan disekolah.


"Melalui kegiatan ini kita harapkan dapat  membentuk suatu karakter yang berkualitas bagi siswa, dimana anak-anak dapat melaksanakan suatu projek secara bersama-sama kemudian mereka dapat mengambil kesimpulan dari apa yang mereka pelajari dan laksanakan dalam kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua  OSIS yang terlaksana hari  ini,"ujarnya, Kamis (19/09/2024).


Lanjut Maju, dalam membentuk Demokrasi di SMP Negeri 1 Palembang, dimulai dengan Pembentukan Panitia OSIS, membuat Persiapannya, masing-masing Paslon menyampaikan Visi dan Misi, disampaikan di Lapangan, dilanjutkan per Kelas.


Dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini diikuti oleh lima pasangan calon dimana dalam rangkaian persiapanya dimulai dari sosialisasi kepada para siswa, pengenalan kelembagaan dalam pemilu, dan pembagian peran.


Dilanjutkan , pendataan pemilih, pendaftaran paslon, pengundian nomor urut paslon, kampanye, debat antar paslon, hingga tahap pencoblosan. 


Maju menyebutkan, dari kegiatan tersebut diharapkan para siswa SMP Negeri 1 Palembang  memiliki wawasan bagaimana bersikap dan menentukan hak pilihnya dengan bijaksana sesuai ketentuan perundang-undangan.


"Sehingga kita harapkan anak-anak Peserta didik merasakan, bagaimana bergotong royong dalam Demokrasi, yang akan membentuk Penguatan Profil  Pelajar Pancasila dengan Saling menghargai, ada Kreatifitas, yang terpenting memahami proses demokrasi,"pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.