Anita Tegaskan Sinergi dengan Eksekutif-Dewan Punya Peran Strategis Pembangunan


Palembang,liputansumsel.com – Sebanyak 645 anggota dewan terpilih di Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Orientasi Anggota DPRD kabupaten/kota. Bimtek yang digelar di The Zuri Hotel Palembang dibuka oleh Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi dan dihadiri Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati.

Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD kabupaten/kota terpilih yang akan mengikuti orientasi awal dalam memangku jabatan yang baru.

“Saya turut berbangga bapak/ibu terpilih mewakili daerah perwakilan masing-masing. Selamat atas amanah dan tanggung jawab yang diberikan dan diemban. Bapak/ibu memiliki peran strategis dalam pembangunan,” ujar Anita, Selasa (3/9/2024).

Menurutnya, orientasi ini sangat bermanfaat bagi para peserta untuk meningkatkan peran secara optimal guna mewujudkan pembangunan yang berkeadilan.

“Sangat penting menciptakan pembangunan yang harmonis dan berkelanjutan. Bapak/ibu harus bisa bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota masing-masing. Legislatif di kabupaten/kota harus bisa bersinergi dengan eksekutif,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Anita, peran dan fungsi pengawasan sebagai anggota DPRD juga harus dilaksanakan. Fungsi pengawasan bisa diberikan kepada DPRD Sumsel ataupun Pemprov Sumsel.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi mengharapkan para anggota DPRD kabupaten/kota terpilih periode 2024-2029 agar berkolaborasi bersama eksekutif untuk beberapa program. Di antaranya ikut membantu menstabilkan harga beras yang jadi penyebab terjadinya inflasi di Sumsel.

“Saya minta agar para anggota DPRD kabupaten/kota terpilih yang hari ini berkesempatan mengikuti bimtek orientasi, agar bisa berkolaborasi bersama para kepala daerah. Salah satunya menstabilkan harga beras, kemudian terkait dengan penurunan angka kemiskinan Sumsel,” ujarnya.

Disampaikan Elen bahwa tujuan para anggota DPRD kabupaten/kota yang terpilih adalah membangun wilayah masing-masing bersama kepala daerah sehingga mampu menyejahterakan masyarakat setempat.

“Apabila berhasil, maka saya yakin, insyaAllah bapak/ibu bisa terpilih kembali, atau mungkin dapat mengikuti kontestasi Kepala Daerah,” ujarnya. (mhn/ril)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.