Rapat Pembahasan KUA dan PPAS Kota Prabumulih TA 2025, DPRD Fokus ke Kenaikan Belanja Rutin


Prabumulih,liputansumsel.com--
DPRD Kota Prabumulih menggelar Rapat Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kota Prabumulih Tahun Anggaran 2025 bersama Pemerintah Kota Prabumulih.

Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Prabumulih dan dipimpin langsung oleh Ketua Badan Anggaran Sutarno SE, didampingi oleh H Ahmad Palo SE dan Ir Dipe Anom. Selasa (23/07/2024).

Dari pihak Pemerintah Kota Prabumulih, hadir Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Drs Aris Priadi beserta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Prabumulih.

Dalam rapat tersebut, Drs Aris Priadi mengungkapkan bahwa pembahasan KUA dan PPAS sebagai pedoman dalam penyusunan APBD 2025 masih membutuhkan pembahasan lebih lanjut karena ada beberapa item yang belum rampung.

“Khususnya data di belanja langsung, lantaran ada kendala dalam sistem informasi pemerintah daerah untuk update sistem sehingga dalam mencocokkan angka-angka harus menggunakan cara manual,” kata Pj Sekda.

Ia juga menyebut bahwa ada penambahan APBD Prabumulih tahun 2025, namun hal ini diiringi dengan penambahan pegawai P3K.

“Termasuk mensukseskan program-program unggulan pemerintah pusat seperti Stunting dan Kemiskinan Ekstrem,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Banggar sekaligus Ketua DPRD, Sutarno SE M.IKOM, menuturkan bahwa rapat Banggar pertama yang membahas KUA-PPAS tahun 2025 ini masih memerlukan pendalaman di beberapa item.

“Ya, ini masih belum selesai, masih jauh. Paling Minggu nanti rapat kedua,” ujarnya.

Tarno juga menilai bahwa prioritas pembangunan ke depan belum terlihat jelas, namun diperkirakan tidak akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Yang pasti ada kenaikan di belanja untuk gaji pegawai karena adanya penambahan P3K dan program lanjutan tahun sebelumnya. Jika pegawai tidak digaji, tentu saja pelayanan tidak akan berjalan. Ini menjadi fokus kita bersama tim anggaran pemerintah daerah,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.