PT KSI Bersama Pemda Mendukung Digitalisasi Desa yang Bermanfaat, Ini Penjelasannya !


 Muara Enim, Liputansumsel.com

PT Klipaa Solusi Indonesia (KSI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengadakan kegiatan "Implementasi Digitalisasi Desa dan Pelatihan Teknis Operator Desa Tahun 2024" yang berlangsung di Hotel The Melio Enim pada Jumat hingga Sabtu (28-29/6/2024).


Kepala Cabang Muara Enim PT Klipaa Solusi Indonesia, Kiki Marlyn SPd dalam sambutannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu desa-desa mempunyai website secara instan dan layanan surat menyurat digital.


"Selain itu, kami juga ingin membantu kecamatan dan kabupaten memantau partisipasi warga melalui dashboard yang kami sediakan. Dengan adanya platform ini, kami berharap dapat menciptakan model desa digital yang lebih partisipatif, karena berbasis akun warga," ungkapnya.


Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim, Drs Rahmat Noviar MSi menekankan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung digitalisasi desa.


"Kami sangat mengapresiasi kegiatan digitalisasi desa ini dan berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat desa," kata Rahmat Noviar.


Dengan adanya pelatihan ini, lanjutnya diharapkan setiap desa di Kabupaten Muara Enim dapat mengimplementasikan teknologi digital dalam berbagai aspek pelayanan dan administrasi desa, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan efisien kepada masyarakat.


"Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendorong transformasi digital di wilayah pedesaan, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pembangunan daerah yang lebih merata dan berkelanjutan," terangnya.


Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan teknis yang dibimbing langsung oleh Direktur PT Klipaa Solusi Indonesia, Aa Subandoyo. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para operator desa dalam mengelola sistem digital yang akan diterapkan di desa masing-masing.


Pada sesi pelatihan itu, Aa Subandoyo menerangkan bahwa salah satu solusi PT Klipaa Solusi Indonesia dalam digitalisasi desa ialah menghadirkan platform media sosial warga desa. Dengan demikian, informasi yang terjadi di dalam desa dapat diketahui oleh masyarakat desa tersebut dengan cepat.


Aplikasi ini juga, lanjutnya telah terintegrasi sampai ke tingkat Kabupaten sehingga update informasi dapat secara realtime diketahui oleh Kepala Daerah.


Pemanfaatan aplikasi berbasis web dan android juga dikenalkan dalam pelatihan ini. Selain itu, para peserta diperkenalkan dengan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu warga dalam menulis serta penggunaan Android TV yang dapat diinstal aplikasi Mata Desaku untuk keperluan pemantauan aktivitas warga desa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.