Bupati OKI Ingatkan PPPK Agar Dapat Menjaga Marwah Pemerintah


OKI, LiputanSumSel.Com- Penjabat Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Ir Asmar Wijaya Msi mengingatkan kepada para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) agar selalu menjaga Marwah Pemerintah dalam melaksanakan tugas mengabdi untuk masyarakat.


Hal tersebut diungkapkan PJ bupati disela kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap 986 orang PPPK Kabupaten OKI tahun anggaran 2023 dihalaman kantor Pemkab OKI, Kamis (30/5/2024).


Menurut Asmar pemerintah akan melakukan evaluasi secara periodik untuk menilai kinerja para ASN PPPK ini, pemkab juga akan menyampaikan himbauan – himbauan  apalagi terkait menjelang pilkada ini sebagai ASN harus netral.


“Kita akan lakukan evaluasi secara periodik, jaga netralitas.” Tukasnya.


Para PPPK  karena sudah menjadi bagian dari pemkab OKI maka diharapkan  bersikap netral terutama dalam pilkada yang yang sebentar lagi akan kita laksanakan.   Kepada para aparatur sipil negara dalam jajaran Pemkab OKi agar dapat menjadi Marwah Pemerintah.


“Berprilaku yang baik laksanakan tugas dengan baik, jangan terlibat dalam politik praktis.” Katanya.


Selain itu Asmar juga mengatakan, pelantikan hari ini tentu saja menjadi jawaban dari penantian yang cukup panjang bagi para PPPK yang dilantik hari ini, maka dari itu laksanakan tugas sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.


“Kita ucapkan selamat kepada PPPK artinya setalah dilantik ini kinerja akan lebih meningkat dari sebelumnya, kemudian taatilah segala ketentuan. yang ada serta bekerjalah dengan baik dan berikan hal yang terbaik untuk masyarakat.” tukasnya.


Terkait dengan kemampuan keuangan daerah untuk gaji serta tunjangan bagi para ASN PPPK ini mengingat hal tersebut dibiayai melalui dana APBD, pihaknya telah melakukan perhitungan secara rasional atas kemampuan keuangan daerah termasuk untuk penerimaan seleksi PPPK tahun anggaran 2024.


“Kita juga sudah lakukan perhitungan dengan rasional, artinya kita juga tidak ingin mengambil resiko dengan kemampuan keuangan daerah dan tahun ini kita hanya bisa mengalokasikan lebih kurang 600 orang.” tutupnya.


Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) OKI, Mauliddini mengatakan, ASN PPPK yang dilantik hari ini berjumlah 986 orang yang terdiri atas tenaga Kesehatan, Tenaga Guru dan tenaga teknis lainnya yang merupakan formasi tahun 2023.


Sementara  untuk penyusunan kebutuhan pegawai tahun 2024 pihaknya sudah menyusuaikan rasio kebutuhan pensiun, jadi skalanisasi Alhamdulillah kita sudah menuntaskan secara rasional terhadap rasio. Jadi keseimbangan antara belanja pegawai dengan kebutuhan pembangunan daerah.


Hingga saat ini pemkab OKI setidaknya sudah mengangkat sekitar 4 ribu orang Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.


“Jadi untuk tahun depan kita tidak banyak lagi sekitar 600 orang yang kita persiapkan untuk dilakukan proses rekrutmen dalam pengadaan pegawai. Untuk saat ini ASN kita berjumlah lebih dari 8 ribu teridiri atas PNS dan PPPK.” Katanya.


Jika melihat dari kebutuhan beban kerja, sambungnya, masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi akan tetapi pihaknya dibatasi dengan keseimbangan anggaran belanja pegawai.


“Untuk persentase jumlah pegawai honor saat ini secara persentasi sekitar 30 persen lagi, sedangkan sisanya sudah diangkat.” Tandasnya.(pov)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.